Unordered List

Wednesday, 22 November 2017

Download Contoh Soal PPG tahun 2018

Penyiapan guru sebagai profesi dinyatakan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 (PP No. 74) Tahun 2008 tentang Guru. Di samping guru harus berkualifikasi S1, guru harus memiliki sertifikat profesi pendidik yang diperoleh melalui pendidikan profesi. PP No. 74 tahun 2008 Pasal 2 menyatakan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik,kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
Program Studi PPG merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/D IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan sehingga dapat memperoleh sertifikat pendidik profesional pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Program Studi PPG diharapkan dapat menjawab berbagai permasalahan pendidikan, seperti: 
(1) kekurangan jumlah guru (shortage) khususnya pada daerah-daerah terluar, terdepan, dan tertinggal, 
(2) distribusi tidak seimbang (unbalanced distribution), 
(3) kualifikasi di bawah standar (under qualification), 
(4) guru-guru yang kurang kompeten (low competence), serta 
(5) ketidaksesuaian antara kualifikasi pendidikan dengan bidang yang diampu (missmatched).
Bagi Guru yang sudah terdaftar dalam Program PPG melalui simpkb guru, ada contoh soal yang mungkin bisa membantu guru dalam persiapan/latihan menjelang pelaksanaan PPG, download di bawah ini :
1. Contoh Soal PPG tahun 2018 klik disini
2. Buku Pedoman Penyelenggara PPG Guru klik disini