Mamfaat Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia SD

Selamat datang
Ayah dan Bunda yang baik,
Anak-anak kita sudah semakin besar. Rasanya baru kemarin mereka sangat bergantung dengan kita. Sekarang mereka sudah di sekolah dasar. Pada masa di SD mereka akan terlihat semakin cerdas karena banyak sekali yang mereka pelajari dan alami di sekolah. Selama enam tahun di sekolah ini, Ayah dan Bunda akan melihat banyaknya perubahan yang terjadi, baik fisik maupun psikis (kecerdasan emosi dan spiritual) pada anak. Di awal-awal SD masih banyak sifat anak-anak pada mereka, tetapi di kelas-kelas akhir banyak dari mereka yang mulai memasuki masa pubertas atau awal remaja.
Pendampingan Ayah dan Bunda pada masa-masa itu sangatlah penting. Walaupun para pendidik di sekolah punya peran besar, keluarga tetap merupakan yang pertama dan utama dalam membantu anak-anak kita mengembangkan diri dan mewujudkan potensi mereka.

Selain untuk mengasah kecerdasan, peran Ayah dan Bunda yang tidak kalah penting adalah menumbuhkan budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari. Caranya adalah  melalui metode ACB, yaitu Ajarkan, Contohkan, dan Biasakan.
Mamfaat Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia SD diantarnya:
1. Meningkatkan Keinginan Anak untuk Bersekolah
2. Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak
3. Meningkatkan Perilaku Positif Anak
4. Meningkatkan Pencapaian Perkembangan Anak

Mamfaat untuk orang tua
Meningkatkan Harapan Orang Tua pada Anak
Meningkatkan Keinginan Orang Tua untuk Terus Belajar
Meningkatkan Kerja Sama Orang Tua dengan Sekolah

Mamfaat untuk sekolah
Mendukung Iklim Sekolah yang Lebih Baik
Meningkatkan Semangat Kerja Guru
Mendukung Kemajuan Sekolah Secara Keseluruhan