Wednesday, 2 November 2016

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi Kelima sudah dapat di Akses Secara Online

Selamat datang,,,
Perkembangan teknologi informasi saat ini membawa pengaruh yang sangat besar dalam segala hal, termasuk penyusunan kamus. Penyusunan kamus yang semula dilakukan dengan cara mengumpulkan kata-kata baru dari buku cetakan dan dituliskan kembali dalam kartu-kartu kecil (slip) yang kemudian diurutkan secara alfabetis telah mulai ditinggalkan. Sumber-sumber tertulis dalam bentuk cetakan tersebut sudah mulai digantikan dengan sumber-sumber yang tersedia dalam situs atau laman yang dapat diakses melalui internet. Penggunaan slip juga mulai bergeser ke dalam bentuk data digital yang dapat diproses secara cepat dan langsung. Perkembangan teknologi informasi telah membawa banyak kemudahan.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima telah mengalami perbaikan dan perkembangan dari edisi sebelumnya. Selain jumlah lema dan makna yang bertambah sehingga mencapai 127.036, pengerjaan Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima mulai menggunakan aplikasi penyusunan kamus yang diberi nama KBBI Daring. Penggunaan aplikasi dalam edisi kelima ini memungkinkan penyusunan kamus menjadi lebih mudah dan cepat. Aplikasi ini selain dirancang sebagai mesin pencarian yang diperuntukkan bagi pengguna Kamus Besar Bahasa Indonesia, juga terintegrasi dengan pekerjaan menyusun dan menyunting kamus yang diperuntukkan bagi tim penyusun ini. Selain itu, dalam aplikasi ini pula tersedia fitur interaktif yang memungkinkan pengguna menyumbangkan kata baru, mengomentari entri kamus, dan bahkan mengoreksi entri tersebut. Fitur-fitur ini sengaja diciptakan untuk mengundang keterlibatan masyarakat dalam penggunaan dan penyusunan Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Laman KBBI Daring mengakomodasi usulan pengayaan dan perbaikan isi kamus. Selain itu, pengguna juga tetap dapat memberikan usulan untuk pengembangan kosakata bahasa Indonesia melalui aplikasi program pengayaan kosakata yang telah dipindahkan ke kosakata.kemdikbud.go.id
Temukan bantuan menggunakan KBBI Daring melalui tautan ini.
Temukan fitur berbagai tingkat pengguna KBBI Daring melalui tautan ini.
Masukan kosakata dalam kolom pencarian dan klik pencarian,,, selamat mencoba..