Friday, 19 August 2016

Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) Support Dapodik Versi 2016

Selamat datang,,
Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) tanggal 18 agustus 2016 sudah resmi dirilis oleh kemdikbud, banyak yang bertanya dan bingung dengan aplikasi ini terutama para operator sekolah yang masih was-was menginstall aplikasi PMP ini, berikut penjelasannya yang kami rangkum dalam pembahasan kali ini.

Aplikasi PMP adalah sistem yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (yang selanjutnya disebut Kemendikbud) untuk pengambilan data mutu Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia. Kemendikbud menghormati semua undang-undang hak cipta dan ketentuan yang berlaku untuk pembuatan, pengembangan serta distribusi dan perangkat lunak. Kemendikbud memberikan hak kepada pengguna perangkat lunak dalam hal ini Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan dan Sekolah Menengah Luar Biasa, Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota untuk menggunakan dan menyebarkan perangkat lunak ini di wilayahnya untuk kepentingan pendataan Pendidikan. Dilarang keras memanfaatkan perangkat lunak ini untuk keperluan komersial. Penggunaan perangkat lunak ini dilindungi undang-undang. Dengan menginput data dan mengirimkan data melalui perangkat lunak ini berarti anda telah sepakat untuk mengirimkan data sebenar-benarnya tanpa ada rekayasa. Segala pelanggaran hukum terkait data dapat mengakibatkan sanksi pidana sesuai undang-undang yang berlaku. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Sekretariat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud.
Pengumpulan  data  dilakukan  untuk mengetahui  kondisi  sekolah  terkait dengan pemenuhan Standar Nasional Pendidikan sehingga diharapkan hasilnya dapat menjadi masukan untuk peningkatan mutu sekolah.
Aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan berisi beberapa kuesioner yang nanti akan di isi oleh masing ­ masing PTK, Peserta Didik, Komite dan Pengawas Pembina.  Khusus PTK dan PD (termasuk Kepala Sekolah) yang terdata melalui aplikasi Dapodik Satuan Pendidikan, pada saat pengisian kuesioner pemetaan mutu tidak perlu untuk melakukan registrasi melalui aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan ini.
Bagaimana Aplikasi PMP ini dijalankan?
Aplikasi PMP ini di jalankan di laptop/pc operator masing-masing sekolah aplikasi ini berintegrasi dengan aplikasi dapodik versi 2016 yang mana data kuisonernya PTK, PD, nanti akan di ambil atau teritegrasi dari aplikasi dapodik versi 2016 kecuali data pengawas dan data komite sekolah yang perlu ditambah langsung oleh opertor sekolah di aplikasi PMP ini.
Jadi kawan-kawan operator jangan takut menginstall aplikasi ini di laptop/pc yang sudah tertanam aplikasi dapodiknya.
Sambil menunggu panduan resmi dari kemdikbud ada baiknya di download dan dicoba jalankan aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) di Laptop/pc operator sekolah.
Cara instalasi
Download Aplikasi PMP kemudian lakukan instalasi sampai selesai seperti melakukan instlasi dapodik versi 2016.
setelah selesai lakukan login pertama kali dengan username dan password sekolah jika aplikasinya terbuka llakukan cek n ricek aplikasi apa yang harud dikerjakan di dalamnya.
Klik Download Aplikasi PMP klik disini
Untuk Kuisoner/ instrumen isian yang akan disebarkan/ diisi klik disini