Friday, 20 May 2016

Juknis/ Pedoman Penulisan Ijazah SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, dan SMK Tahun 2016

Selmat datang pengunjung semuanya,,
Berikut informasi tentang petunjuk teknis penulisan ijazah tahun 2016 sesuai dengan SK Balitbang Nomor:          /H/EP/2016 tahun 2016 tentang Bentuk, Spesifikasi, dan Pencetakan Blangko Ijazah pada Satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, bersama ini kami sampaikan Petunjuk Pengisian Blangko Ijazah Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2015/2016.
PETUNJUK PENGISIAN BLANGKO IJAZAH SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

A. PETUNJUK UMUM
1.   Ijazah untuk SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, dan SMK hanya diterbitkan oleh satuan pendidikan yang sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M), sedang Ijazah untuk Paket A, Paket B, dan Paket C oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
2.   Ijazah dan hasil ujian/daftar nilai ujian dicetak bolak-balik, Ijazah di halaman depan dan hasil ujian/daftar nilai ujian di halaman belakang.
3.   Ijazah SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, dan SMK, diisi oleh panitia yang dibentuk Kepala Sekolah.
4.  Ijazah Paket A, Paket B, dan Paket C diisi oleh panitia yang dibentuk oleh Kepala
Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
5.   Pengisian Ijazah dalam bentuk dicetak atau ditulis tangan dengan tulisan huruf yang baik, benar, jelas, rapi, mudah dibaca, dan bersih dengan menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah dihapus.
6.   Pengisian Ijazah menggunakan tata penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
7.  Jika terjadi kesalahan dalam pengisian, Ijazah tidak boleh dicoret, ditimpa, atau
dihapus (tipe-ex) dan harus diganti dengan blangko yang baru.
8.   Ijazah yang salah dalam pengisian sebelum dimusnahkan disilang dengan tinta warna  hitam  pada  kedua  sudut  yang  berlawanan  pada  halaman  depan  dan belakang serta dimusnahkan dengan disertai  berita acara yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah untuk Ijazah SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, SMK serta Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau pejabat yang mewakili  untuk Ijazah Paket A, Paket B, dan Paket C yang disaksikan oleh pihak kepolisian.
9.   Jika terdapat sisa blangko Ijazah SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, dan SMK di sekolah, Kepala Sekolah mengembalikan sisa blangko Ijazah tersebut ke Dinas Pendidikan  Provinsi  melalui  Dinas  Pendidikan  Kabupaten/Kota  dengan  disertai berita acara yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau pejabat yang mewakili yang disaksikan oleh pihak kepolisian.
10. Jika  terdapat  sisa  blangko  Ijazah  Paket  A,  Paket  B,  dan  Paket  C  di  Dinas Pendidikan, Dinas Kabupaten/Kota mengembalikan sisa blangko Ijazah tersebut ke Dinas Pendidikan Provinsi dengan disertai berita acara yang ditandatangani oleh kepala Dinas Pendidikan atau pejabat yang mewakili yang disaksikan oleh pihak kepolisian.
11. Sisa blangko Ijazah yang terdapat di Dinas Pendidikan Provinsi dimusnahkan paling lambat 31 Desember 2016 dengan disertai berita acara pemusnahan disaksikan oleh pejabat Dinas Pendidikan Provinsatau pejabat yang mewakili  dan pihak kepolisian.
12. Berita    acara  pemusnahan  harus  dilaporkan  ke  Pelaksana  UN  Tingkat  Pusat
(BalitbangKemendikbud).
13. Satuan  pendidikan/Dinas  Pendidikan  Provinsi  maupun  Kabupaten/Kota  tidak diperkenankan untuk menahan atau tidak memberikan ijazah kepada pemilik Ijazah yang sah dengan alasan apapun.
14.  Bagi siswa pemilik Ijazah SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, dan SMK yang
suda pinda domisili,   Ijaza dapat   diambil   ke   Satua Pendidika yang menerbitkan, dan untuk  Ijazah Paket A, Paket B, dan Paket C diambil ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang menerbitkan.

Untuk lebih lengkap dan download juknis dan format blangko ijazah tahun 2016 klik tautan disini