Monday, 9 May 2016

Juknis Bantuan Rehabilitasi/ Renovasi Bangunan PAUD Tahun 2016

Selamat datang pengunjung semuanya,,
Sejak Direktorat Pembinaan PAUD berdiri tahun 2001 telah dilakukan berbagai upaya pembinaan terhadap anak usia 0-6 tahun melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Meskipun selama ini berbagai kebijakan yang terkait dengan pembinaan PAUD telah ditetapkan namun pada kenyataannya belum semua anak terlayani dengan maksimal di lembaga PAUD. Data tahun 2014/2015 menunjukan, anak usia dini yang berumur 3-6 tahun berjumlah 19.113.800. Jumlah anak usia 3-6 tahun yang terlayani PAUD baru mencapai 13.391682 anak (70,06 %)
Rendahnya jumlah anak yang terlayani di lembaga PAUD, antara lain disebabkan :
(1) belum semua orang tua dan masyarakat menyadari pentingnya PAUD,
(2) masih terbatasnya dukungan sarana dan prasarana PAUD terutama di daerah-daerah pedesaan, terpencil, dan perbatasan, serta
(3) banyaknya fasilitas bangunan PAUD dengan kondisi yang kurang layak pakai sehingga mempengaruhi pembelajaran anak usia dini pada layanan tersebut.
Berpijak pada kondisi di atas, pada tahun 2016 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, akan memberikan dukungan kepada masyarakat dalam bentuk bantuan Rehabilitasi/Renovasi Bangunan PAUD. Agar bantuan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, maka perlu disusun Petunjuk Teknis Penyaluaran Bantuan Rehabilitasi/Renovasi Bangunan PAUD Tahun 2016.
Download Lengkap Juknis Bantuan Rehabilitasi/ Renovasi Bangunan PAUD Tahun 2016 klik disini