Tuesday, 5 January 2016

UNTUK STANDAR KELULUSAN UJIAN NASIONAL YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM KTSP DENGAN KURIKULUM 2013 SAMA

Selamat datang pengunjung blog semuanya,,
Informasi yang kami dapat dari kemdikbud, mengenai Standar Kelulusan (SKL) dalam Ujian Nasional 2016 nanti dan menghimbau kepada para peserta didik yang akan mengikuti ujian nasional (UN) tahun ini tidak perlu bingung mengenai standar kompetensi lulusan (SKL) bagi mereka yang menjalani Kurikulum 2013 maupun yang masih menjalani Kurikulum 2006. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, SKL antara Kurikulum 2013 hampir sama dengan Kurikulum 2006, sehingga materi yang diujikan pun hampir sama. 
Berikut penjelasan lengkap oleh mendikbud di bawah ini:
Kurikulum 2013 dengan Kurikulum 2006 itu 95 persen (materi) yang diujikan sama, standar kompetensi lulusan (SKL) sama, dan kisi-kisi juga sudah disusun, mencakup hal yang sama,” ujar Mendikbud saat konferensi akhir tahun di Kantor Kemendikbud, Rabu lalu (3012/2015).
Hal itu juga ditegaskan kembali oleh Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud, Nizam. Nizam mengatakan, kompetensi lulusan merupakan hal yang ingin dicapai setiap kurikulum. Penerapan kurikulum yang berbeda di sekolah-sekolah, menyebabkan masyarakat melihat seolah-olah standar kompetensi lulusan dan materi ujian nasional juga akan berbeda, padahal materi yang terkandung dalam kedua kurikulum tersebut sama.
Ia mengatakan, tujuan capaian pengetahuan atau standar kompetensi lulusan (SKL) atau kompetensi dasar (KD) antara Kurikulum 2013 dengan Kurikulum 2006 memang hampir sama. Hal itu juga yang disampaikan Kemendikbud ke Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dalam membuat kisi-kisi ujian nasional.
Karena itu ia kembali menegaskan, materi ujian nasional tahun pelajaran 2015/2016 untuk Kurikulum 2013 hampir sama dengan Kurikulum 2006 sehingga siswa dan guru tidak perlu khawatir dengan adanya perbedaan standar kompetensi lulusan (SKL). (sumber: kemdikbud.go.id)
Pada tahun 2016 ini mari bersama menyiapkan peserta didik kita untuk mengikuti ujian nasional nanti dengan harapan nilai dan hasil yang diharapkan dari sekolah dapat tercapai.