Saturday, 9 January 2016

ALIH STATUS PTS MENJADI PTN INI PERMINTAAN JOKOWI KEPADA MENRISTEK DAN DIKTI

Selamat datang pengunjung semuanya,,
Proses peralihan Perguruan Tinggi Swasta menjadi Perguruan Tinggi Negeri menjadi topik perbincangan antara Presiden RI dengan Menristek dan Dikti Pusat. sebanyak 29 Perguruan Tinggi Swasta akan dialihkan Status menjadi Perguruan Tinggi Negeri, berikut yang dapat kami sampaikan kepada kita semuanya:
Presiden Joko Widodo meminta Menristek dan Dikti menyelesaikan masalah alih status Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Menurutnya, meski sudah ada moratorium terkait peralihan, masih tersisa sejumlah masalah yang harus diselesaikan.
"Baik yang berkaitan dengan lahan, serah terima aset, serta status dosen dan pegawai yang jumlahnya kurang lebih 4300-an orang. saya kira itu perlu segera diselesaikan,”saat memimpin rapat terkait peralihan PTS menjadi PTN di Istana, Rabu (6/1).
Proses penegerian 29 PTS sudah dimulai 5 tahun yang lalu tepatnya 2010. Menurut Jokowi, kebijakan itu cukup memberi kemajuan pada pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia.
"Ini cukup baik untuk meningkatkan  akses pendidikan dan pemerataan pendidikan tinggi di seluruh Indonesia khususnya di daerah-daerah terdepan, terluar, dan tertinggal,”katanya.
Namun, ia mengatakan, dengan pertimbangan masih adanya permasalahan yg mengiringi proses penegerian PTS-PTS itu, pemerintah telah melakukan moratorium  perubahan PTS menjadi PTN terhitung sejak 1 Agustus 2014. Hingga saat ini moratorium tersebut masih berlaku sampai ada penyelesaian masalah-masalah oleh kementerian terkait. (sumber: Jpnn.com)