Friday, 25 December 2015

Apa itu Aplikasi Dapodikdas?

Selamat datang pengunjung semuanya,, 
Pertanyaan awam sering dilontarkan kadang serius kadang hanya untuk menguji pemahaman kita tentang aplikasi resmi kemdikbud yaitu dapodikdas,, pertanyaan yang terkadang mengandung persepsi bahwa dapodikdas itu hanya menyangkut tunjangan guru saja, yang lain bukan. untuk lebih menjelaskan kepada kita semua, mungkin operator sekolah ada yang baru dan diminta untuk menjadi operator dapodik dan menginput data dapodik, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu dapodikdas, bagi yang sudah tahu tidak salahnya kita bernontalgia sedikit dan memahami tentang aplikasi dapodikdas ini
1. Apa itu Aplikasi Dapodikdas?
Sistem Aplikasi Dapodikdas adalah aplikasi penjaring data pokok pendidikan pada kelompok jenjang pendidikan dasar di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Entitas data pokok tersebut meliputi sekolah termasuk sarana dan prasarana, Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Peserta Didik dan Proses Pembelajaran di dalam rombongan belajar (Rombel).
2. Mengapa sekolah harus menggunakan Aplikasi Dapodikdas?
Berdasarkan Instruksi Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2011 serta Surat Edaran Menteri mengenai aplikasi pendataan di lingkungan Kemendikbud, dinyatakan bahwa Aplikasi Dapodikdas merupakan aplikasi resmi yang digunakan untuk menjaring data pokok pendidikan dasar, dan tidak ada penjaringan data diluar dapodikdas ini, yang sudah ditetapkan sebagai satu-satunya penjaringan data pokok pendidikan yang dimiliki kemdikbud.
Data dari Aplikasi Dapodikdas akan digunakan sebagai acuan data dalam program-program Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar seperti: pemberian Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), tunjangan guru, Ujian Nasional, dan program-program lainnya. Oleh karena itu sekolah harus berpartisipasi aktif dalam kegiatan pendataan Dapodikdas.
3. Apa akibatnya jika sekolah menolak menggunakan Aplikasi Dapodikdas?
Data Aplikasi Dapodikdas digunakan sebagai acuan data dalam programprogram Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar. Apabila sekolah tidak berpartisipasi aktif, maka sekolah akan rugi karena data milik mereka tidak akan sampai ke Kemendikbud. Sekolah tersebut otomatis tidak akan tersentuh program-program Kemendikbud.