Tuesday, 24 November 2015

PESAN PRESIDEN RI: GURU BERPERAN PENTING DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA

Selamat datang pengunjung semuanya:
Presiden RI dalam menghadari Puncak acara peringatan Hari Guru Nasional 2015 memberikan pesan bahwa peranan guru sangat penting dalam pendidikan karakter bangsa berikut kilas beritanya:
Jakarta, Kemendikbud---Presiden Joko Widodo dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menghadiri puncak peringatan Hari Guru Nasional 2015 di Istora Senayan, Jakarta, (24/11/2015). Sekitar 12.500 guru dari berbagai wilayan Indonesia menghadiri acara tersebut. Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan, guru berperan penting dalam pendidikan karakter bangsa.
“Saya mengajak semua pihak untuk menggunakan momentum Hari Guru Nasional untuk menyadari peran penting guru dalam pendidikan karakter bangsa. Guru adalah agen perubahan karakter bangsa,” kata Presiden Joko Widodo saat acara puncak peringatan Hari Guru Nasional 2015 di Istora Senayan, Jakarta, (24/11/2015).
Pendidikan karakter, ujar presiden, dilakukan di sekolah sebagai arena pembelajaran anak-anak dalam pembentukan karakter. Guru memiliki pengaruh yang kuat dalam membentuk karakter anak didiknya. Presiden mengatakan, nilai-nilai seperti etos kerja, kerja keras, integritas, kejujuran, optimisme, disiplin, gotong-royong, bisa ditumbuhkan dan menjadi kebiasaan di ruang kelas.
Terkait tema Hari Guru Nasional Tahun 2015, yaitu “Guru Mulia karena Karya,” presiden meminta para guru Indonesia untuk terus berkarya dan menghasilkan metode pembelajaran yang kreatif sehingga dapat mendorong peserta didik untuk menjadi anak yang kreatif pula.
“Dirgahayu Guru Indonesia. Karya muliamu membuka jalan bagi masa depan Indonesia yang lebih baik,” kata presiden. (sumber: kemdibud.go.id)