Friday, 6 November 2015

Akurasi Tinggi, Dapodik Diminati Lembaga Internasional

Selamat datang pengunjung semuanya,
Data Pokok Pendidikan yang dikenal dengan nama DAPODIK sudah di akui lembaga Internasional, berikut penjelasannya yang dapat kami infokan:
Bekasi (Dikdas): Data yang terkandung dalam aplikasi Data Pokok Pendidikan memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Keunggulannya pun diakui oleh berbagai lembaga internasional. Menurut Thamrin Kasman, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) sejak dua tahun lalu telah meminta akses untuk mengakses data Dapodik.
“Komisi X DPR RI juga sudah kita yakinkan bahwa data ini luar biasa kaya. Variasi-variasi  di dalamnya sangat luar biasa banyaknya,” jelas Thamrin.
Data pada Dapodik juga dapat dimanfaatkan untuk menentukan langkah-langkah intervensi terkait berbagai keputusan di tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, dan tingkat pusat.
Menurut Thamrin, keputusan yang diambil oleh pejabat harus berlandaskan dua hal. Pertama, fakta. “Kedua, nilai sebuah fakta,” jelasnya. Dengan begitu, keputusan dapat diambil secara komprehensif.

Acara ToT Sistem Pendataan Pendidikan Dasar angkatan III telah selesai. Berikutnya, ToT angkatan IV akan dilaksanakan pada 6-8 April 2015 di Hotel New Ayuda, Cipayung, Bogor, Jawa Barat.