Monday, 5 October 2015

TIPS UNTUK ORANGTUA MENDORONG RASA INGIN TAHU ANAK

Selamat Datang pengunjung semuanya,,,,,
Anak merupakan amanat Tuhan yang harus dijaga dan dikembangkan potensinya dengan sebaik-baiknya. Sebagai orang tua, terutama ibu selayaknya harus bisa memahami benar tentang perkembangan anak usia dini. Pemahaman yang utuh dapat mengarahkan anak untuk meraih potensi maksimalnya. Sebagai orang tua, anda harus berusaha untuk mampu mengerti dan memahami karakter anak usia dini anda untuk memastikan perkembangannya mengarah pada potensi diri yang positif.
Pada usia anak, umumnya mempunyai rasa keingintahuan yang besar tentang hal-hal yang ada sekitarnya. Mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan antusias terhadap berbagai hal terutama mengenai hal-hal yang baru.
Mendorong anak agar tetap memiliki rasa ingin tahu dan mengembangkan keinginan memperoleh pengalaman baru yang bermakna bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana
Berikut beberapa tips untuk orangtua :
1. Hargai dan jawab pertanyaan anak. Hindari memperlihatkan wajah kaget ketika anak bertanya sesuatu diluar perkiraan Anda. Jangan pula memperlihatkan wajah kesal walau sedang lelah. Bila Anda merasa sulit menjawab, lebih baik menunda dengan menjelaskan bahwa Anda tengah mempersiapkan jawabannya.
2. Ajak anak bereksplorasi. Bersama-sama mencari jawaban suatu pertanyaan, misalnya dengan membuka buku, browsing internet, ataupun mengunjungi tempat seperti museum dan kegiatan komunitas.
3. Beri keleluasaan pada anak untuk bereksperimen melalui kegiatan bermain, dengan catatan tidak membahayakan anak. Bila Anda memiliki aturan tertentu, jelaskan dasarnya.
4. Ajak anak mulai memikirkan solusi dan belajar mengambil keputusan, misalnya baju apa yang ingin ia gunakan dan alasannya.
5. Apresiasi hasil kegiatan anak. Tampilkan wajah mengapresiasi dan beri pujian bila ia berhasil memahami hasil pembelajarannya.

Dengan hal tersebut kita sebagai orang tua sudah membantu anak untuk memperoleh pengalaman-pengalaman baru untuknya dan bertingkahlaku di saat mereka dewasa nanti