Saturday, 10 October 2015

Kemendikbud Dukung Kegiatan Seni Hingga Tingkat Dunia

Selamat datang pengunjung semuanya,,,
Kontingen Indonesia berhasil meraih prestasi dunia dalam ajang pertunjukan seni internasional, World Championship of Performing Arts (WCOPA) tahun 2015. Ini merupakan kali pertama Indonesia mengirimkan wakilnya dalam kompetisi internasional di bidang seni penampilan. Mendikbud Anies Baswedan memberikan apresiasi kepada para pemenang dan menyatakan dukungannya terhadap semua kegiatan seni yang dilakukan peserta didik.
“Aktivitas seni yang kami (Kemendikbud) dukung ada dua jenis. 
Pertama, festival seni dan 
Kedua aktivitas seni berupa seleksi yang prosesnya bertahap, dari kabupaten,/kota, provinsi hingga nasional. 
Dari (kegiatan) itu stoknya luar biasa. Kita punya potensi yang sangat besar,” ujarnya saat menerima kedatangan para pemenang WCOPA 2015 di Kantor Kemendikbud, Jakarta, (9/10/2015).
Dalam kesempatan itu, Mendikbud didampingi Direktur Kesenian Kemendibud, Endang Caturwati. Endang mengatakan, bentuk dukungan Kemendikbud terhadap kegiatan seni bisa berupa dua hal, yaitu bantuan dana fasilitasi kegiatan seni dan bantuan akomodasi untuk penyelenggaraan di negara lain.
“Untuk dana fasiltasi seni bisa dibantu dari Direktorat Kesenian. Ada paketnya. Tapi untuk tiket keluar negeri ada di Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya,” katanya.
Mendikbud juga menambahkan, Kemendikbud dapat memberikan bantuan berupa sosialisasi dan publikasi melalui media konvensional maupun media lain yang dimiliki Kemendikbud. “Saat ini kami sedang melakukan penumbuhan dan pengembangan seni, bukan hanya ke anak-anak, tapi juga untuk para pendidik,” tuturnya.
Tiga peraih penghargaan di WCOPA 2015 yang datang menemui Mendikbud adalah Eunika Debora Setiadarma yang memainkan instrumen musik piano berhasil meraih gelar World Champion Instrumentalist; Kyla Christine peraih Industry Award dan Overall Winner Medal; dan Jeannie yang meraih emdali perak untuk Vocal Jazz (sumber:kemdibud)