Thursday, 17 September 2015

Upah Minimun Pendidikan (UMP) Guru Honorer Minimal 3 Juta,,

Salam sapa kami kepada seluruh guru di Indonesia,,...........
Sudah bukan hal yang tabu lagi di Indonesia, bahwa gaji guru honorer dengan gaji guru pegawai negeri sipil berbanding terbalik dan sangat jauh sekali,,, pekerjaaan sama-sama mendidik dan mencerdaskan anak bangsa namun, permasalahan gaji yang diterima jauh dari kata cukup,,,,
Aksi "Demontrasi" yang dilakukan kemaren salah satu aspirasi "Guru" yang dibawa adalah masalah gaji guru honorer atau "upah minimum pendidikan (UMP)". 
Berikut berita yang dapat kami teruskan kepada kita semua:
Jakarta--Salah satu tuntutan aksi demo honorer kagetori dua (K2) adalah perbaikan upah minimum pendidikan (UMP). Pasalnya, guru honorer hanya digaji di bawah Rp 300 ribu per bulan. Itu pun kadang dibayarkan tiap tiga bulan sekali.
"Guru itu juga manusia, apa cukup dibayar segitu? Di mana rasa kemanusiaan pemerintah? Mereka dipekerjakan layaknya guru PNS tapi hak-haknya dikebiri," tegas Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Sulistyo dalam konpres PB PGRI, KSPI, dan FHK2I di Jakarta, Senin (14/9).
Menurut Sulityo, standar minimal gaji "Guru Honorer" Rp 3 juta karena mereka harus membeli buku untuk menambah kompetensi. Berbeda dengan buruh yang tidak perlu membeli buku dan lain-lain.
"UMP guru honorer harus lebih tinggi daripada buruh karena ada ongkos pendidikan di sana," ujar Sulistyo.
Hal itu mendapat dukungan dari Sekjen KSPI Muhammad Rusdi. Menurutnya, kalau UMR buruh UMR Rp 2,9 juta, guru honorer harus Rp 3,1 juta.
"Tahun depan, buruh harus naik UMP-nya menjadi Rp 3,3 sampai Rp 3,5 juta per bulan. Berarti guru honorer mesti lebih tinggi dari itu," tegas Rusdi (sumber: Jpnn.com)