Friday, 18 September 2015

Tips Sehat Menjaga Kesehatan Saat Kabut Asap Berlangsung..,,,

Hampir separuh bumi indonesia mengalami bencana kabut asap yang berkepanjangan, tahun ini kabut asap terparah yang terjadi di Indonesia kepulauan kalimantan, sumatera dan kepulauan lainnya juga merasakan yang sama.
Melalui artikel kami ini, ada beberapa tip yang dapat kami sampaikan untuk kita menjaga "Kesehatan" kita dalam kondisi kabut asap;

Diantaranya:
1. Kondisikan Ruangan Kita terlebih dahulu, Agar Kondisi polusi asap di luar tidak masuk ke dalam rumah/sekolah/kantor dan ruang upayakan bisa tertutup sehingga polusi udara tidak begitu bebas masuk ke dalam rumah/sekolah/kantor dan ruang kita
2.    Bagi yang telah mempunyai gangguan paru dan jantung sebelumnya, mintalah nasihat kepada dokter untuk perlindungan tambahan sesuai kondisi. Segera berobat ke dokter atau sarana pelayanan kesehatan terdekat bila mengalami kesulitan bernapas atau gangguan kesehatan lain.
3.    Bagi yang mempunyai bayi, Berikan ASI yang cukup untuk balita. ASI kaya akan zat kekebalan sehingga akan mencegah mikroorganisme buruk masuk ke tubuh bayi.
4.    Kurangi aktifitas tidak penting di luar ruangan/ rumah hal ini penting sekali dilakukan dan juga kondisikan anak-anak tidak bermain di luar rumah/ ruangan terbuka untuk menjaga kesehatannya, Jika terpaksa harus beraktifitas di luar ruangan, gunakan masker untuk melindungi kita, Lebih baik menggunakan masker yang terbuat dari kain lembut dengan lapisan yang tidak terlalu tipis, penggunaan masker yang benar adalah menutupi mulut dan hidung., Basahi masker dengan sedikit air sebelum digunakan.
5.    Jaga daya tahan tubuh kita dan Jangan abaikan waktu istirahat kita, jika waktu istirahat ini berkurang dapat menyebabkan daya tahan tubuh kita melemah dan sangat rentan untuk terserang ISPA.
6.    Perbanyak Konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur diyakini memiliki kandungan yang dapat menangkal serangan buruk dari kabut asap. Ingat, Buah-buahan dicuci sebelum dikonsumsi. Bahan makanan dan minuman yang dimasak perlu di masak dengan baik.
7.    Jangan lupa Konsumsi air mineral yang cukup. Jika memungkinkan dapat mengkonsumsi air hangat.
8.    Selalu lakukan perilaku hidup bersih sehat (PHBS). Seperti makan bergizi, jangan merokok, istirahat yang cukup dan lain-lain.
9.    Bagi yang menampung air usahakan Penampungan air minum dan makanan harus terlindung baik.

Demikian yang dapat kami sampaikan Tips Menjaga Kesehatan saat kabut asap semoga bermamfaat untuk kita semua, mudah-mudahan bencana ini tidak berlangsung begitu lama, mari sama-sama berdo’a semoga kita diberikan kesehatan dan keselamatan dalam menjalani ujian bencana kabut asap ini.