Friday, 18 September 2015

Guru Menginspirasikan Anak-anak Di Sekolah Dalam Pemamfaatan Internet..

Perkembangan Tekhnologi Media Informasi saat ini yang berkembang pesat adalah Internet, pemamfaat internet dalam dunia pendidikan sebagai suatu hal yang ke depan tidak bisa terlepaskan, karena berbagai media informasi yang terkait dengan pendidikan di sekolah dapat di cari di dalam internet.

Saat ini anak-anak Indonesia memerlukan penumbuhan kemampuan memilih dan memilah informasi serta berpartisipasi dalam menggunakan internet, tentu harus di dukung atau motivasi oleh guru dalam menginspirasinya untuk penggunaan internet dalam proses belajar mengajar.

Berikut penjelasan dari kemdikbud terhadap pemamfaat internet ini:
Kemendikbud --- Saat ini anak-anak Indonesia memerlukan penumbuhan kemampuan memilih dan memilah informasi serta berpartisipasi dalam menggunakan internet. Ke depan Indonesia bukan hanya saja baik sebagai konsumen dalam memanfaatkan internet tetapi juga mampu menjadi berkarya sebagai produsen informasi. Ini yang harus ditumbuhkan di dalam dunia pendidikan Indonesia.

Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, saat menyampaikan materi pada acara peluncuran NET Citizen Journalist di Lotte Avenue, Jakarta, Sabtu (29/8/2015).

Mendikbud mengungkapkan, agar anak-anak Indonesia yang tersebar di lebih dari 208.000 sekolah di seluruh Indonesia dapat menjadi produsen informasi dalam pemanfaatan internet tentu tidak sederhana. Namun, kata dia, hal pertama yang perlu didorong adalah guru yang mampu memanfaatkan internet sebagai sumber informasi. "Begitu gurunya bisa menggunakan internet dengan baik, dia akan memanfaatkannya di kelas, dia bisa menginspirasi anak-anaknya di sekolah," ujarnya.

Mendikbud menjelaskan, selama ini pendidikan Indonesia berkonsentrasi pada peningkatan produktivitas dalam waktu yang singkat untuk menghasilkan produk yang lebih baik. Sebenarnya, kata dia, jika hal itu ditambahkan dengan kreativitas maka akan menghasilkan produk yang tidak terbatas nilainya. "Ini bukan sesuatu hal yang baru tetapi bagi sekolah-sekolah di Indonesia ini hal baru," tuturnya.

Mendikbud mengatakan, Internet bagi masyarakat perkotaan adalah sebuah kemewahan tetapi bagi sebagian besar masyarakat pedesaan adalah keharusan. Dia mengatakan, apabila masyarakat pedesaan tidak memanfaatkan teknologi ini maka mereka akan jauh tertinggal dalam mengenal teknologi tersebut. "Ini yang harus kita dorong, harus disiapkan listrik, sinyal, dan lainnya,"
sumber : Kemdikbud