Tuesday, 25 August 2015

Tata Cara VervalPd untuk Mendapatkan NISN Baru Tahun 2015

Tutorial Berikut merupakan cara untuk mendapatkan NISN Siswa Baru tahun pelajaran baru 2015/2016 melalui login VervalPd.


Yang harus diperhatikan pada Login VervalPd ini adalah memastikan terlebih dahulu alamat e-mail dan passwor yang kita gunakan terdaftar di badan SDM-PDSP karena tanpa itu kita tidak bisa masuk pada login tersebut. 

Cek terlebih dahulu email anda klik disini

Jika email yang anda masukan belum terdaftar dan dinyatakan tidak aktif/perlu registrasi silahkan melakukan registrasi ulang dengan cara :

1. Klik Registrasi Operator Sekolah Disini


2. Pada Proses Surat Penugasan lampirkan Surat  Penugasan yang sudah di scan dalam format PDF untuk contoh surat penugasan klik disini

3.setelah registrasi silahkan menunggu beberapa saat atau 1 x 24 sambil melakukan cek ulang email anda pada tahap pertama sampai dinyatakan aktif dan setelah itu kita bisa masuk ke link Vervalpd untuk melakukan proses Vervalpd mendapatkan NISN Siswa baru tersbut

Langkah-langkah vervalpd sebagai berikut :

1. Login pada situs Vervalpd klik disini

2. Klik menu Residu untuk melakukan verval NISN siswa baik yang belum memiliki NISN maupun yang sudah memiliki NISN namun masih memerlukan pencocokan data akan masuk ke menu Residu ini.

3. Klik Nama siswa pada kolom residu, pada kolom siswa atas di menu residu adalah data dari dapodik dan di bawah adalah data siswa yang ada di badan PDSP, jika sudah di klik siswa akan muncul Match (sesuai) dan Not Match (tidak Sesuai) Keterangannya :

•   Sesuai (Match)  adalah data NISN, nama, dan tanggal lahir yang dimiliki  peserta didik di DAPODIK identik denqari di PDSP,  rneski dalam penulisan  nama misalnya belum sesuai  benar antara di DAPODIK dengan di  PDSP namun sebenarnya itu merupakan satu orang yang sama, misal  namanya disingkat  atau Anggara  ditulis Anggoro, ini tidak  menjadi  masalah  karena nanti bisa divalidasi/diperbaiki   melalui menu edit data.

•   Tidak Sesuai (Not Match) adalah data NISN, nama, dan tanggal lahir yang dimiliki  peserta didik di DAPODIK benar­-benar berbeda dengan di PDSP, misal Abdul Hakim dengan Ahmad Basuki yang merupakan dua orang yang berbeda. Jangan terburu­buru  klik'Tidak Sesuai (Not Match)' sebelum melakukan pencarian data sampai  lima kali, karena dengan klik 'Tidak Sesuai  (Not Match)' berarti sistem  akan membuatkan NISN baru bagi siswa tersebut yang kemungkinan bisa mengakibatkan NISN ganda bagi siswa tersebut.

Dan Jika sudah di klik siswa di kolom atas langsung Timbul Not Match tanpa ada timbul pencarian sampai 5 kali silahkan klik not match maka siswa tersebut akan mendapatkan NISN Baru, biasanya ini akan muncul pada siswa baru SD atau siswa yang benar-benar belum memiliki NISN.


4. Pastikan tahap residu ini semua data siswa di kolom atas kosong.

Jika semuanya sudah kosong klik menu Konfirmasi data untuk memastikan bahwa data tersebut sudah di benar dan valid. pastikan tahap ini semua data pada tabel konfirmasi data kosong. dengan menceklist data siswa tersebut dan klik oke sehingga akan muncul peringatan "apakah yakin akan mengubah" klik oke untuk melanjutkan. 


Setelah selesai tahap ini maka tahap VervalPd untuk mendapatkan NISN Siswa baru dan Siswa perlu diverval datapun sudah kita lakukan. dan tunggu badan PDSP mengirim NISN ke Progress Pengiriman Dapodik dan cek di sana dengan alamat klik disini jika semua hasil VervalPd sudah terdapat di Progress Pengiriman Dapodik segeralah melakukan sinkron ulang dan NISN yang kita lakukan Verval tadi akan muncul di Aplikasi Dapodik Kita.

Untuk Panduan Lengkap VervalPD yang bersumberkan dari badan PDSP klik Disini