Saturday, 8 August 2015

Lakukan Sinkronisasi Bertahap pada apllikasi Dapodikdas 400




Info dari Admin Dapodikdas Pusat :
Aplikasi dapodik didesain agar pengguna (operator sekolah) dapat mengirmkan data secara "incrimental" / bertahap, hanya "delta" atau perubahan dari data awaln saja yang dikirimkan. Data dapat disinkronisasikan ke server secara bertahap tanpa menunggu semua selesai dikerjakan.

Data yang mengalami perubahan lakukan sinkronisasi untuk mengurangi perubahan yang ada di aplikasi dapodikdas 400. semakin sedikit perubahan data diaplikasi maka akan mempercepat durasi proses sinkronisasi, tingkat keberhasilan sync makin tinggi.dengan demikian Jika ingin menggunakan fitur baru "MUTASI ONLINE" tidak perlu menunggu SD meluluskan dulu untuk diambil oleh SMP, atau sebaliknya SD menunggu selesai input kelas 1 sebelum diluluskan siswa tingkat akhir. semua dapat bekerja paralel,
Pesan : Sesegera mungkin lakukan sync, apapun perubahan data tersebut. gunakan fitur2 "ACTION MENU" yang ada untuk mempercepat/membantu proses di sekolah. tidak perlu menuggu batas akhir. sama halnya mudik diujung waktu mau lebaran, traffic dipastikan padat merayap.

Menumpuknya data yang mengalami perubahan akan membuat sinkronisasi melambat, apalagi saat-saat detik terakhir sync, pengiriman pada waktu detik terakhir tersebut biasanya pada tingkat akurasi sync datapun masih diragukan kesempurnaannya. Intinya apapun perubahan data lakukan sinkronsisasi secepat mungkin dan secara bertahap.

terima kasih