Wednesday, 5 August 2015

Fungsi/ Kegunaan "Action Menu" Pada Dapodikdas 400

Salam Satu Data,,
Beberapa fitur "ACTION MENU" pada Dapodikdas 400 yang memudahkan operator sekolah dalam rangka mempercepat proses pendataan ditingkat sekolah yang pada gilirannya pengiriman data ke pusat pun tidak memakan waktu yang lama.

Fitur ini dapat digunakan dengan beberapa ketentuan dan aturan mainnya berikut ulasannya :
1. ACTION MENU di PRASARANA tujuannya adalah melanjutkan informasi kerusakaan sarpras yang tersimpan di periode smester yang lalu ke semester sekarang. Asumsi semester ini "tingkat kerusakan/baik" prasarana = semester lalu.

2. ACTION MENU di "PTK" "tujuannya adlaah melanjutkan data penugasan tahun sebelumnya ke tahun sekarang dengan asumsi (isian data di tabel penugasan kecuali centang keaktifan) para PTK nya sama dengan tahunn kemarin

3. ACTION MENU KENAIKAN KELAS di Rombel "tujuannya adalah menaikkan siswa ke tingkat diatasnya secara kolektif dan otomatis tanpa harus memapping ulang siswa nya satu persatu ke dalam rombel baru.
aturan main: fitur ini hanya berlaku untuk rombel yang penempatan siswanya tidak diacak ketika naik kelas. jika diacak , fitur ini tidak dapat digunakan, sebaiknya buat rombel baru, dst

4. ACTION MENU LULUSKAN PD TINGKAT AKHIR di rombel tujuannya agar siswa yang tingkat akhir (kelas 6 dan 9) dapat dikeluarkan lulus secara kolektif dan otomatis tidak satu persatu. jika ada yang tinggal kelas, fitur ini tetap dapat digunakan namun PD tinggal kelas tersbut kemablikan ke tabel PD dg cara menghapus di tabel PD keluar.


5. ACTION MENU di tabel PD lanjutkan data periodik , artinya melanjutkan isian data periode siswa (tinggi, beratbadan,jarak rumah, jml sodara kandung) yang tersimpan di periode semester sebelumnya di salin ke semester sekarang tanpa harus menginput satu persatu data periodik siswa tersebut, dengan syarat : 
- kelengkapan data semester sebelumnya sudah diisi 
- tidak ada perubahan data periodik siswa di semester ini.