Monday, 13 July 2015

Tips menarik bagi Operator Sekolah dan Pekerja Kantor agar disenangi ditempat kerja

Bekerja kantoran dan sebagai operator sekolah memang tidak terlepas dari keseibukan kita di depan laptop dan komputer, namun membangun hubungan yang baik ditempat kerja agar disenangi dan tidak dibilang sok gini dan gitu, merupakan keharusan kita.
Pentingnya komunikasi dan hubangan baik dilingkungan kerja, membuat kita bisa bekerja dengan tenang dan harmonis hendaknya.

Bagaimana Cara kita agar disenangi ditempat kerja?
Ada beberapa tips menarik yang dapat admin sampaikan agar kita bisa disenangi ditempat kerja dan sebagainya, Berikut Tipsnya :

1. Sapa Minimal Satu Rekan Kerja Sebelum Mulai Bekerja Di Depan Komputer

Sesampainya di kantor banyak dari kita langsung meletakkan tas, menyalakan komputer atau membuka laptop, kemudian tenggelam dalam kesibukan di depan layar digital. Saking asyiknya, rekan kerja yang baru datang tidak terlihat oleh mata. Jangankan menyapa, mendongakkan kepala dan tersenyum demi menyambutnya saja sering tidak terpikirkan olehmu.

Kita sering lupa bahwa bekerja bukan hanya tentang menuliskan huruf dan angka, tapi juga tentang bagaimana kita menjalin interaksi dengan sesama. Demi menjadi orang yang lebih menyenangkan, coba deh selalu sapa minimal 1 rekan kerjamu sebelum sibuk di depan komputer. Ajak dia tersenyum, tanyakan bagaimana harinya, jangan takut untuk saling bertukar candaan.

Dengan cara kamu tidak hanya akan lebih disukai oleh rekan sekantor, energi positif dari interaksi antar sesama manusia juga bisa membuatmu lebih siap menghadapi kewajiban yang menanti.

2. Jangan Pelit Membawakan Camilan Untuk Rekan-Rekan Kerjamu

Punya makanan yang tersimpan lama di rumah dan tidak kunjung habis? Kenapa tidak membawanya ke kantor dan menjadikannya camilan bersama? Di tengah jam kerja kamu juga sering kelaparan dan ingin mengunyah sesuatu ‘kan? Bukankah menyenangkan jika ada rekan kerja yang dengan murah hati membawakan makanan dan membaginya dengan rekan kerja lain?
Tidak perlu yang mahal atau fancy kok, cemilan sederhana dan murah juga tidak masalah. Yang penting bukan makananannya, tapi rasa perhatian yang kamu tunjukkan dan kebersamaan yang tercipta karena aktivitas berbagi makanan ini.
Energi dari kebaikan yang kamu mulai ini akan menular ke rekan kerja lain. Saat mereka bergantian melakukan hal yang sama, atmosfir kantor juga akan jadi lebih menyenangkan untuk bekerja.


3. 8 Jam Waktu Kerja: 4 Jam Fokus Di Depan Komputer, 4 Jam Sisanya Untuk Membangun Hubungan

Bagi waktu kerjamu menjadi 2 bagian. Dalam 4 jam pertama, manfaatkan waktumu untuk sepenuhnya fokus pada kewajiban yang harus kamu selesaikan. Jangan biarkan fokusmu terdistraksi di 4 jam awal tersebut. Selesaikan tugas terberatmu, balas surat elektronik yang harus dibalas, lakukan panggilan ke orang-orang yang perlu kamu hubungi.

Manfaatkan sisa 4 jam lainnya untuk membangun hubungan baik dengan rekan kerja. Jangan ragu menawarkan bantuan bagi rekan kerja yang tampak kerepotan, tawarkan diri untuk keluar membeli kopi atau sejenisnya, bahkan kamu juga bisa turun tangan untuk membersihkan ruang bersama yang tampak tidak tertata.

Dengan benar-benar fokus di waktu awal kerja, kamu akan punya lebih banyak waktu untuk memperhatikan lingkungan kerja dan rekan-rekan di sekeliling. Membagi waktu kerja ke 2 bagian fungsional akan membantumu menciptakan ritme kerja yang seimbang.

4. Biasakan Untuk Selalu Tersenyum Sebelum Berbicara

Terlepas dari sepakat atau tidaknya kamu pada suatu hal, selalu tersenyumlah sebelum mengungkapkan pendapat. 
dan ingat, jangan biarkan dirimu tampak defensif dan tidak menghargai pendapat orang lain. Sebelum mengungkapkan rasa tidak setujumu, cobalah untuk tesenyum dan lakukan kontak mata dengan orang-orang di sekitarmu. Cara ini akan memperlihatkan bahwa kamu tetap menghargai pendapat yang orang lain ungkapkan.
Membiasakan diri untuk tersenyum sebelum berpendapat juga akan melatih otakmu untuk selalu menyampaikan ketidaksetujuan dengan cara yang lebih positif. Nggak mungkin ‘kan kamu tersenyum lalu setelahnya berbicara kasar?

5. Sesibuk Apapun, Selalu Sempatkan Waktu Untuk Makan Siang Bersama

Makan siang sering jadi satu-satunya waktu untuk berinteraksi dengan santai bersama rekan-rekan kerja lain. Sayang, kadang kesibukan membuat kita kehilangan kesempatan ini. Merasa tidak mau menyia-nyiakan waktu, beberapa dari kita memilih untuk makan di depan meja kerja sembari tetap berusaha menyelesaikan pekerjaan.

Sesibuk apapun, selalu usahakan untuk menyisihkan waktu demi makan siang bersama rekan kerja lainnya. Dalam perbincangan di meja makan tersebut kamu bisa mengenal karakter dan kebiasaan rekan-rekan kerjamu Pembicaraan santai yang kalian lakukan juga bisa mempererat hubungan.

6. Disiplinkan Diri Untuk Selalu Mengucap “Tolong” dan“Terima Kasih”

2 kata ini terlihat sederhana, namun bisa membawa dampak yang luar biasa. Dengan terbiasa mengucapkan tolong dan terima kasih kamu akan jadi pribadi yang lebih bisa megapresiasi perlakuan orang-orang di sekitarmu. Hal-hal kecil yang rekan-rekan kerjamu lakukan akan tampak lebih bermakna di matamu.
Kata “tolong” dan “terima kasih” juga bisa membuat rekan-rekan kerjamu lebih merasa dihargai upayanya. Lewat 2 kata yang selalu kamu biasakan untuk terucap ini, mereka akan mengenalmu sebagai pribadi yang rendah hati dan tahu berterima kasih. Bukan tidak mungkin kali lain mereka akan dengan ringan kembali mengulurkan bantuan padamu.

Bekerja bukan hanya soal datang pagi, duduk, cari uang sebanyak-banyaknya, kemudian pulang saat jam dinding sudah menunjukkan untuk pulang. Kamu bukan robot yang bisa bekerja seperti mesin. Di sekelilingmu tetap ada manusia yang butuh diperhatikan keberadaannya.
Dan sebaik-baik manusia adalah dia yang kehadirannya disukai oleh orang-orang di sekitarnya ‘kan?

Nah semoga bermamfaat jika berkenan dan terima kasih sudah mampir di artikel ini