Wednesday, 15 July 2015

Pendidikan itu Mengubah Jalan Hidup

JAKARTA - Sudah menjadi rahasia umum bila pendidikan adalah dasar dari kehidupan yang lebih baik. Karena itulah sekolah menjadi hal yang penting.
"Pendidikan bagi kita semua adalah variabel terpenting yang mengubah jalan hidup kita semua. Siapa dan dididik siapa hari ini, bisa menentukan kedudukan mereka nanti," ungkap Mendikbud Anies Baswedan dalam acara Workshop Guru dan Pengelola Sekolah Gratis Berkualitas di Kemendikbud, Jumat (19/6/2015).
Menurut Anies, pendidikan itu memang mahal. Namun yang tidak terdidik itu lebih mahal lagi. Hal yang menjadi persoalan, kata Anies, adalah siapa yang mau menanggungnya. Pasalnya, ketika pendidikan itu murah, maka kualitas yang diberikan juga rendah.
"Bila ada yang mau bertanggung jawab atas pendidikan, maka tanggung jawab itu adalah pada negara," tuturnya.
Anies menambahkan, seorang guru merupakan eskalator yang bisa membawa anak-anak didik mereka naik. Menurutnya, anak yang dididik para guru saat ini adalah potret wajah masa depan Indonesia. Siswa kelas enam SD misalnya, ujar Anies, bisa jadi akan menjadi panitia dalam perayaan 100 tahun kemerdekaan Indonesia pada 2045.
"Bapak dan ibu guru sekalian adalah eskalator yang membawa mereka naik. Mengelola sekolah gratis itu selalu memiliki beban yang besar, karena itulah saya mengapresiasi hal itu," tambahnya.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2015/06/19/65/1167974/pendidikan-mengubah-jalan-hidup