Friday, 10 July 2015

Nah ini Yang mantap , Para Penghafal Alquran Dapat Beasiswa Sampai Lulus Kuliah

BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi membuka program beasiswa bagi para penghafal Alquran (tahfidz). Tak tanggung-tanggung, pemkab yang dipimpin Abudullah Azwar Anas itu akan memberikan beasiswa bagi para tahfidz untuk berkuliah sampai selesai di sejumlah perguruan tinggi, terutama yang berbasis agama. 
Program Banyuwangi Cerdas sendiri adalah program pemberian beasiswa hingga level perguruan tinggi bagi warga Banyuwangi yang digelar sejak 2011.
Sekretaris Dinas Pendidikan Dwi Yanto mengatakan, seleksi beasiswa Banyuwangi Cerdas untuk jalur para penghafal Alquran telah dilakukan selama bulan Ramadan ini. 
Seleksi untuk jalur siswa kurang mampu berprestasi juga di
lakukan pada waktu bersamaan. "Seleksi beasiswa Banyuwangi Cerdas pada bulan ini kami pusatkan di Aula Dinas Pendidikan," ujar Dwi Yanto.
Menurutnya, para penghafal Alquran diberikan kuota khusus. “Mereka ini mendapatkan kuota khusus. Jadi yang mendaftar berapa pun jumlahnya kami terima. Asalkan saat dites hafalan Alqurannya, mereka bisa membuktikan kemampuannya,” kata Dwi Yanto.
Untuk seleksi, pihak Dinas Pendidikan melibatkan ahli membaca Alquran.
Berdasarkan pendaftaran, ada lima penghafal Alquran yang ikut serta program ini. Mereka dengan dukungan sekolahnya mendaftarkan diri kepada Dinas Pendidikan. 
"Ada 1 pelajar yang hafal 30 juz. Menariknya, dia yang berasal dari Desa Jambewangi, Sempu ini merupakan lulusan program paket C. Kemudian yang hafal 10 juz, lulusan MAN Banyuwangi. Satu orang yang hafal 7 juz adalah perempuan, lulusan SMA Sunan Ampel – Bangorejo, sedangkan 2 orang yang hafal 5 juz merupakan lulusan MA Unggulan Mamba’ul Huda,” terang Dwi Yanto. 

Sumber Berita : JPNN.com