Wednesday, 22 July 2015

Ini Tahapan Belajar Efektif Menurut Mendikbud Anies Baswedan

JAKARTA - Sudah belajar mati-matian tetapi merasa belum mendapatkan hasil maksimal? Mungkin kamu belum menjalani tahapan belajar efektif.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, memaparkan, ada lima fase pembelajaran guna meraih hasil yang baik.
"Fase pembelajarannya adalah kita ajarkan, kita biasakan, didisiplinkan sehingga menjadi kebiasaan; dan terakhir karena sudah terbiasa menjadi kebudayaan," ujar Anies di Kemendikbud, Jumat(10/7/2015).
Fase tersebut harus dijalankan secara bertahap, tidak bisa dilompat. Dan sekolah, kata Anies, sebaiknya menerapkan kelima fase tersebut secara reguler.
Selain menerapkan lima fase pembelajaran, sekolah juga perlu memerhatikan pendidikan karakter. Menurutnya, proses menumbuhkan karakter perlu memerhatikan tiga hal yaitu intrakurikuler, ekstrakurikuler dan nonkurikuler.
Dia menilai, selama ini aspek nonkurikuler kurang mendapat perhatian, padahal efeknya mungkin saja bisa lebih besar dalam pembelajaran. Misalnya, pembelajaran budi pekerti.
Mantan rektor Universitas Paramadina itu mengimbuhkan, pada pembelajaran budi pekerti, ada karakter positif, karakter moral serta karakter kinerja. Anies menjelaskan, karakter kinerja berarti bicara tentang kesungguhan, kerja keras, dan yang tindakannya adalah untuk mendorong kejujuran, menghormati sesama serta cinta Tanah Air.
"Yang mau kita kerjakan adalah menjalankan pendidikan untuk bangsa melalui perilaku anak-anak sekolah. Karena itu, saya berharap ini bisa kita kerjakan benar-benar serius," tambahnya.

sumber berita : news.okezone.com