Saturday, 4 July 2015

Cara Tingkatkan Mutu Pendidikan Lewat Teknologi

JAKARTA - Meningkatkan mutu pendidikan adalah salah satu tantangan terbesar yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Salah satunya, yaitu masalah teknologi dalam menunjang pendidikan. Pasalnya, saat ini masih terjadi kesenjangan teknologi antara daerah perkotaan dengan daerah terpencil.
Namun di sisi lain, penggunaan Information Communications Technology (ICT) juga mendukung kegiatan pendidikan di sekolah. Teknologi pun menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Tanah Air. Tetapi, hal tersebut harus disertai dengan perbaikan sumber daya manusia.
"Yang paling utama adalah meningkatkan kualitas manusianya dulu, karena manusia adalah sumber daya terbesar," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan dalam Education Roundtable di Kampus Universitas Paramadina, Energy Tower, Jakarta, Kamis (30/4/2015).
Anies mengimbuhkan terdapat tiga strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui teknologi. Pertama, yaitu pemberdayaan interaksi antaraktor pendidikan. Menurut Anies, interaksi antara siswa, guru, dan orangtua adalah hal yang penting untuk komunikasi pada proses belajar mengajar.
Selanjutnya untuk strategi kedua, mantan rektor Universitas Paramadina ini mengatakan perlu adanya peningkatan akses dan kualitas pendidikan.
"Siswa harus diakomodasi untuk berpartisipasi dalam sistem. Saat ini pendidikan masih berada pada sistem urban. Pernah ada kasus siswa di pedalaman diajarkan cara berenang, padahal di tempat mereka sama sekali tidak ada kolam renang," tuturnya.
Pada strategi ketiga, Anies mengungkapkan akan mereformasi birokrasi pendidikan dan public engagement. Menurutnya, saat ini dibutuhkan seorang pemimpin untuk merestrukturisasi sistem pendidikan.
Dalam kesempatan tersebut Anies juga mengatakan bahwa teknologi tidak hanya dibutuhkan untuk pendidikan, tapi juga merupakan media yang efisien untuk berpartisipasi. Dia berharap ke depannya siswa-siswa di Indonesia tidak hanya menjadi konsumen suatu teknologi, tapi juga bisa berinovasi untuk menjadi produsen suatu teknologi baru.

Dilansir oleh : news.okezone.com