Friday, 31 July 2015

Aplikasi Dapodik Dikdas Versi 4.0.0 Resmi Dirilis

Dapodik, ilustrasi

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah resmi merilis aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Pendidikan Dasar pada 30 Juli 2015. Aplikasi ini merupakan penyempurnaan dari aplikasi sebelumnya versi 3.0.3.
Menurut Hamid Muhammad, Direktur Jenderal Dikdasmen, Dapodik menunjang berbagai program unggulan Kemendikbud, di antaranya penyaluran tunjangan guru, Bantuan Operasional Sekolah, dan Program Indonesia Pintar. Agar Dapodik sebagai basis data program-program tersebut berfungsi maksimal, kualitas data dari sisi kelengkapan, kebenaran, kemutakhiran, dan integritas data sangat dibutuhkan.
“Kami mengharapkan agar pengiriman data sekolah tahun pelajaran 2015/2016 dapat diselesaikan selambat-lambatnya tanggal 15 September 2015,” kata Hamid. Operator sekolah jenjang SD, SDLB, SMP, dan SMPLB selaku ujung tombak pendataan diharapkan bekerja sebaik-baiknya.
Aplikasi versi 4.0.0 menyempurnakan versi sebelumnya berupa perbaikan dan pembaruan sejumlah variabel data. Perbaikan itu yaitu pelebaran 14 digit pada kolom NRG di Riwayat Sertifikasi. Sementara pembaruan di antaranya kolom NPWP Sekolah di Form Sekolah, isian nomor Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional untuk jenjang SMP di form Registrasi Peserta Didik, dan penambahan referensi kurikulum pada Satuan Pendidikan Kerja sama.

Sumber Berita : http://dikdas.kemdikbud.go.id/index.php/aplikasi-dapodik-dikdas-versi-4-0-0-resmi-dirilis/