Thursday, 2 July 2015

8 Tips Aman Menghindari Mata Lelah Di Depan Laptop/Komputer Bagus dicoba

Profesi anda mungkin selalu berdiam lama di depan Komputer/Laptop, apalagi yang online sepanjang saat tentu membuat mata lelah.
Pekerjaan sebagai TU dan Operator Sekolah tentunya Laptop dan Komputer tidak lepas sepanjang hari digunakan, namun menjaga kesehatan mata sangat lah penting.


Ada 8 Tips Aman Menghindari Mata Lelah di depan Komputer/ Laptop, bagus untuk dicoba:


1. Jaga jarak mata dari monitor
Jangan terlalu dekat dengan monitor komputer, karena sedikit membahayakan mata Anda. Jarak yang disarankan adalah kurang lebih 0,5 sampai 1 meter.

2. Pakai Filter Anti Radiasi untuk CRT
Filter radiasi dapat mengurangi efek buruk yang ditimbulkan oleh radiasi monitor tabung (CRT). Sebaiknya Anda gunakan monitor filter ini, harganya terjangkau, tersedia untuk CRT 15 inch maupun yang 17 inch.

3. Atur Brightness-Contrass
Aturlah pencahayaan monitor Anda agar lebih sejuk di mata. Jangan mengatur monitor Anda terlalu terang karena efek silaunya dapat mempercepat kelelahan mata Anda.

4. Gunakan kacamata anti radiasi
Cahaya yang berlebihan memang dapat memberi efek nyeri pada mata, oleh karena itu kacamata anti radiasi dapat Anda gunakan untuk menguranginya. Kacamata ini tidak hanya bisa digunakan saat di depan monitor komputer saja, tetapi juga saat melihat TV, lampu mobil dan sumber cahaya lainnya. Yuk kita lanjutkan artikel 8 Tips Aman Menghindari Mata Lelah di depan Komputer ini.
5. Ganti Monitor CRT dengan LCD
Untuk monitor LCD memang sudah cukup aman, meski bukan berarti tanpa radiasi sedikitpun. Anda tetap disarankan untuk menjaga jarak pandang terhadap monitor.

6. Istirahatkan mata Anda
Inilah cara termudah dan termurah, istirahatkan mata Anda setiap 1 jam selama 5 menit saja. Anda bisa melakukan Aktifitas lain seperti minum, memejamkan mata sejenak atau sekedar menjauh dari monitor.

7. Berkedip
Mungkin Anda akan menertawakan hal ini, masak menggunakan komputer sampai tidak berkedip? Perlu di ingat kembali bahwa dengan berkedip mata akan terlumasi oleh cairan mata. Hal ini akan lebih meringankan dan melemaskan otot-otot di sekitar mata.

8. Lihatlah keluar jendela
Agar mata Anda tidak terlalu tegang menatap lama-lama komputer atau laptop, ada baiknya sesekali Anda melihat keluar jendela. Hal ini akan membantu mata Anda menyesuaikan kembali jarak pandang Anda. Sebab, terlalu berlama-lama melihat dalam jarak dekat dapat menyebabkan kemampuan penglihatan jarak jauh Anda berkurang. So, sekali-kali lihatkan keluar jendela, nikmati pohon-pohon yang tumbuh nan jauh disana