Monday, 22 June 2015

Laptop Anda Terlalu Panas? Ini Solusinya Mudah Buat Anda

Suhu komputer yang terlalu panas tentu bukan pertanda baik, selain akan membuat komputer sering hang, dalam jangka panjang akan membuat komputer mengalami kerusakan secara fisik karena terbakar pada komponen tertentunya.  
Salah satu penyebab suhu tinggi pada komputer mungkin karena sirkulasi udara di dalam CPU yang kurang memadai dan penggunaan computer terlalu lama.
Sebenarnya, hal seperti ini bisa dengan mudah diatasi, cukup dengan mengganti/menambah kipas exhaust yang memiliki kecepatan putaran (RPM) lebih tinggi. Sayangnya ini bukan jalan yang mudah diterapkan pada komputer jenis portable (laptop), ataupun pada beberapa komputer desktop branded dengan model kompak.



         Jika sudah begini, jalan yang bisa ditempuh hanyalah dengan memaksimalkan fasilitas yang ada, yaitu dengan mengatur agar kipas bekerja dengan kecepatan maksimal, tentunya dengan bantuan software pihak ketiga, yaitu SpeedFan.

         SpeedFan adalah program yang berfungsi untuk memonitor tegangan, kecepatan kipas dan suhu di komputer dengan menggunakan sensor hardware yang ada. SpeedFan bahkan bisa mengakses informasi S.M.A.R.T. dan menunjukkan suhu hard disk (termasuk drive SCSI). Sedangkan fitur utama SpeedFan adalah untuk mengatur kecepatan putaran kipas pada komputer (Proccessor, GPU, Chipset) agar sesuai dengan keinginan dan kodisi yang ada sehingga mengurangi kebisingan. SpeedFan dapat menemukan hampir semua chip hardware monitor yang terhubung ke 2-kawat SMBus (Sistem Manajemen Bis (merek dagang milik SMIF, Inc), sebuah subset dari protokol I2C).


           Tujuan utama dari SpeedFan adalah untuk menunjukkan kepada penggunanya apa yang sebenarnya terjadi di mesin mereka. Ketika diminimalkan, pembacaan suhu ini ditunjukkan pada tombol kanan dari desktop. Ketika SpeedFan berada dalam jendela yang terbuka Anda dapat melihat secara keseluruhan lebih banyak. Dari kecepatan fan ke tegangan total, Anda dapat melihat apapun dan semua kipas saat ini.
Pertama-tama, Anda harus mengidentifikasi sensor suhu yang mana. SpeedFan secara ketat berpegang pada lembar data yang tersedia untuk setiap chip sensor.
            Harap diingat bahwa monitor hardware adalah chip yang memiliki beberapa pin (konektor kecil) yang harus terhubung ke beberapa perangkat keras tambahan (probe temperatur, termistor atau termokopel) agar mampu membaca suhu.
             Bila Anda telah mengidentifikasi dengan benar dimana sensor temperatur tersebut, cobalah turunkan kecepatan kipas masing-masing dan lihatlah kecepatan dan suhu yg dilaporkan. Jika Anda tidak mengizinkan SpeedFan untuk mengubah kecepatan kipas dan mengatur semua kecepatan terlalu rendah, maka SpeedFan tidak akan bisa untuk menghindari overheating.

Berikut adalah beberapa fitur utama “SpeedFan”:
menangani hampir semua nomor South Bridge
menangani hampir semua jumlah chip pemonitor hardware
menangani hampir sejumlah pembacaan suhu
menangani hampir sejumlah pembacaan tegangan
menangani hampir sejumlah pembacaan kecepatan kipas

menangani hampir semua jumlah PWM



Berikut ini cara penggunaan speedFan:


1. Download terlebih dahulu installernya, klik disini
    File Size: 2.12 MB
    OS Support: Windows 2000/XP/2003/Vista/7/8

2. Insall hasil download softwere nya

3. Jalankan softwere nya dengan mendoubel klik, maka muncul secara otomatis akan      muncul



4. klik menu Exotics dan klik tombol Show the magic untuk melihat secara detail                 kecepatan kipas yang menyertai hardwere





5. Untuk mengatur SpeedFan klik menu Readings, lalu klik tombol Configure

6. kemudian pilih menu Option, lalu kita atur Configure SpeedFannya :
Klik combo box small 
centang combo box star minimized
centang combo box Minimized on close
centang combo box Set fans to 100% on program exit



7. klik OK.

Tutorial Youtube :





sumber info: thesea12.blogspot.com