Saturday, 28 March 2015

SIM Penilaian Kinerja Guru (SIM PKG)



SIM Penilaian Kinerja Guru (SIM PKG) 

Dit. P2TK Dikdas Kemdikbud


Link Bersumberkan dari : https://holishasir72.wordpress.com

Sedikit Pedoman dan penjelasan tentang PK Guru Oleh Pengawas Sekolah binaan,
Penilaian Kinerja Guru akhir-akhir ini memanas adanya di sekolah dan di lingkungan guru dunia pendidikan, karena beberapa waktu kemaren PK Guru dikaitkan dengan tunjangan profesi guru itu sendiri.
 yuk simak apa sih PKG guru itu yang dijelaskan oleh mas Noerholish

SIM Penilaian Kinerja Guru










Apa itu SIM Penilian Kinerja Guru ?
SIM Penilaian Kinerja Guru adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan para Pengawas Guru Matpel untuk melaporkan hasil penilaian kinerja guru yang dilakukan di Kabupaten/Kota-nya masing-masing.
Pelaporan hasil penilaian kinerja guru ini diwajibkan kepada semua Pengawas sebagai salah satu syarat Penerbitan SK dan Penyaluran Tunjangan Profesi Guru.
Cara Penilaian Aplikasi SIM PK Guru 
dengan melakukan Login ke Aplikasi SIM Penilian Kinerja Guru melalui Link SIM Penilian Kinerja Guru , untuk user name dan password Login ke Aplikasii SIM Penilian Kinerja Guru tersebut menunggu Konfirmasi hasil Pemetaan Sekolah yang dilakukan oleh Operator SIM Tunjangan Profesi Dinas Pendidikan Kab/Kota.
Format Penilian Kinerja Guru Dit. P2TK Dikdas 
Format/Instrument Penilian Kinerja Guru Dit. P2TK Dikdas (SIM Penilaian Kinerja Guru) menggunakan Format Baku/Valid berdasarkan Permendiknas No. 35 Tahun 2010, Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 14 Tahun 2010 yang didapat dilihat melalui Buku 2 Pedoman Penilaian Kinerja Guru.
Proses Entry Penilaian Kinerja Guru
Hasil Penilian Kinerja Guru untuk kebutuhan Penerbitan SK dan Penyaluran Tunjangan Profesi Guru diinputkan oleh Pengawas setelah PTK/Sekolah Binaannya di Petakan/termapping melalui Aplikasi Sim Tunjangan Profesi yang dilakukan oleh Op. Sim Tunjangan Profesi Dinas Pendidikan Kab/Kota.
Tata Cara Penginputan Scoring Penilaian Kinerja Guru1. Kunjungi Web SIM Penilain Kinerja Guru Dit. P2TK Dikdas2. Login ke SIM Penilaian Kinerja Guru
3. Masukkan User Name/Password SIM Penilaian Kinerja Guru, kemudian klik “Masuk”
SIM Penilaian Kinerja Guru1
Tampilan Aplikasi SIM Penilaian Kinerja Guru
SIM Penilaian Kinerja Guru
terdapat beberapa Menu pada Aplikasi SIM Penilaian Kinerja Guru, Mulai Dari Dashboard, hingga Logout.
Dashboard
Dashboard SIM Penilaian Kinerja Guru berisi Pie Chart/Diagram Pie yang menampilkan progress Capaian Penilaian Kinerja Guru berdasarkan Form/Instrumen Print Out yang telah berisi Scoring hasil Penilaian Kinerja yang dilakukan Pengawas pada Guru Binaan/Sekolah Binaannya.
Data Guru
Berisi Data-Data Guru Binaan Pengawas yang akan dientry Scoring hasil Penilaian Kinerjanya oleh Pengawas, Menu Data Guru tersebut akan terisi dengan Sendirinya pasca Pemetaan Guru Binaan/Sekolah Binaan yang dilakukan Oleh Operator SIM Tunjangan Profesi Dinas Pendidikan Kab/Kota melalui Aplikasi SIM Tunjangan Profesi.
SIM Penilaian Kinerja Guru2
Unduh Form
SIM Penilaian Kinerja Guru3
Berisi Form/Instrumen/Lembar Penilaian Kinerja Guru yang bisa digunakan oleh Pengawas Pembina untuk melakukan Penilaian Kinerja Guru.
Data PKG
Berisi Data atau isian Kompetensi Capaian Guru beserta Form Input Scoring Penilaian Kinerja Guru yang dilakukan Oleh Pengawas Pembina.
Cetak PK
menu yang akan mencetak Scoring Final dari proses Input Nilai per Kompetensi Penilaian Kinerja Guru yang nantinya akan diupload oleh Pengawas Pembina sebagai Bukti Fisik hasil Penilaian Kinerja Guru Pengawas Pembina tersebut.
Ubah Profil
berisi isian Update Nama Pengawas, Email Pengawas serta Password Akun SIM Penilaian Kinerja Guru Pengawas Pembina yang bersangkutan.
SIM Penilaian Kinerja Guru5
Logoutproses keluar/mengakhiri Aktivitas Proses Input Hasil Penilaian dari halaman web SIM Penilaian Kinerja Guru oleh pengawas pembina.
Sekian Penjelasan singkat Aplikasi SIM Penilaian Kinerja Guru Dit. P2TK Dikdas Kemdikbud
Semoga bermanfaat dan Mohon Maaf jika pada redaksi terdapat Kesalahan/Kekeliruan.